@qiraatif - Aktif. Kreatif. Kontributif

Berkreasi untuk berbagi. Berpahala melalui karya. . Apa nama ikan yang berenangnya suka berenti-berenti? Salah. Ikan Paus(e).

13.6K followers

0 following

Advertisement
Iya, emang cuman segitu. Tapi, aku yakin kamu pasti akan ngulanginnya lagi.

Ohiya, Pak Bambang kemarin juga bilang “Sekalian isi gopaynya a?” Tapi aku nggak ngisi. Eh, ngisi deng.

Nggak penting sih, yg paling penting kamu tersenyum mendengar suara Pak Bambang. Soalnya Pak Bambang murah senyum. 
Eh. Eh. Kasih tau ke penduduk bumi yang lain ya, soalnya nggak bisa masuk Spotify ini euy.

@qiraatif #suarapendudukbumi #suaraalam #suaraapaantuh #suaratinggi #bass #gitar #kentungan
50

Iya, emang cuman segitu. Tapi, aku yakin kamu pasti akan ngulanginnya lagi. Ohiya, Pak Bambang kemarin juga bilang “Sekalian isi gopaynya a?” Tapi aku nggak ngisi. Eh, ngisi deng. Nggak penting sih, yg paling penting kamu tersenyum mendengar suara

Ehehe. Siapa yang tau yekan?

Mau tau satu hal lagi? Ketika kita berbuat baik, itu bukan tentang siapa dia atau mereka. Tapi, tentang siapa kita :) @qiraatif #qotd #ntms #uhuy #qiraagunadi #qiraabaiq #qiraaliye #qiraahirata #sesuaiaplikasi #bintanglimanyaneng
7

Ehehe. Siapa yang tau yekan? Mau tau satu hal lagi? Ketika kita berbuat baik, itu bukan tentang siapa dia atau mereka. Tapi, tentang siapa kita :) @qiraatif #qotd #ntms #uhuy #qiraagunadi #qiraabaiq #qiraaliye #qiraahirata #sesuaiaplikasi #bintangli

Apa yang harus, aku lakukannn~~~
Untuk membuat kau mencintaikuuu~~~
Segala upaya tlah kulakukan untukmu~~~
.
Iya, emang nggak nyambung. :(
yg penting biasain itsar ya, mayan kan jadi pahala.
.
Qiraatips eps. 7
Ilustrasi terniatnya ini dipersembahkan oleh sang master yg ketikung: @dakwahvisual.co
.
@qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim #maaakudaaahmaaak #sesuaiaplikasiyamas #syawaltahundepanudahharuspunya #punyaapahayo
232

Apa yang harus, aku lakukannn~~~ Untuk membuat kau mencintaikuuu~~~ Segala upaya tlah kulakukan untukmu~~~ . Iya, emang nggak nyambung. :( yg penting biasain itsar ya, mayan kan jadi pahala. . Qiraatips eps. 7 Ilustrasi terniatnya ini dipersembahkan

Yayy! Jazakumullah khairaan kepada seluruh pihak yang sudah membantu project ini dari awal sampai akhir. Semoga bertemu kembalii di project lainnya 
.
.
.
Big thanks and hug,
Qiraateam
0

Yayy! Jazakumullah khairaan kepada seluruh pihak yang sudah membantu project ini dari awal sampai akhir. Semoga bertemu kembalii di project lainnya . . . Big thanks and hug, Qiraateam

Waaah. Kita udah berada di ujung sharing session kitaa! Time to say goodbye :') Senaang mimin bisa sharing-sharing bareng kalian. Berbagi cerita, berbagi hikmah.

Tapi pernah nggak sih kalian bertanya-tanya, kenapa mimin ngajak sharing? Selain untuk berbagi hikmah tentunya~

Karena mimin yakin, Allah itu punya sejuta skenario indah untuk hambaNya. Kita punya jalan cerita yang amazing versi kita sendiri. Yang kalau kita tahu cerita satu sama lain, insya Allah bisa menguatkan lagi kepercayaan kita akan janji-janjiNya dan ternyata kita ga pernah berjuang seorang diri.

Agar tumbuh lagi harapan untuk terus berjuang, berjalan meski banyak rintangan.. Sampai akhirnya tiba di tujuan. Agar tumbuh lagi keyakinan, bahwa Allah dalam memenuhi janji kepada setiap hambaNya, tak pernah lelah apalagi kewalahan.

Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki.” Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal. (QS. Az-Zumar : 74)

Terima kasih untuk semua yang sudah berbagi dan menyimak cerita.. Semoga hati dan jiwa kita selalu dikuatkan oleh Yang Maha Perkasa! :)
.
.
.
With love,
Qiraateam
10

Waaah. Kita udah berada di ujung sharing session kitaa! Time to say goodbye :') Senaang mimin bisa sharing-sharing bareng kalian. Berbagi cerita, berbagi hikmah. Tapi pernah nggak sih kalian bertanya-tanya, kenapa mimin ngajak sharing? Selain untuk

Rasanya.. Nggak ada alasan untuk menyerah dan mengalah sama keadaan. Gas teruuus!
10

Rasanya.. Nggak ada alasan untuk menyerah dan mengalah sama keadaan. Gas teruuus!

Advertisement
Sebenernya dari kemarin udah banyak cerita cerita sihh tentang pengalaman nggak enak. Mulai dari masa sulit, sampe rasa kecewa karena terlalu banyak berharap di tempat yang engga semestinya. Semuanya butuh kesabaran dalam menghadapinya.
.
.
Tapi kalau kita ingat-ingat lagi.. Barangkali itulah doa-doa yang lama telah kalian lantunkan. Misalnya, kalian pernah berdoa ingin menjadi manusia yang kuat 'kan? Allah hadirkan masalah untuk menempa jiwa kalian. Atau seperti kisah di post ini, bisa jadi sebelumnya ia pernah berdoa untuk bekerja di tempat yang terbaik. Hingga akhirnya Allah kabulkan dengan cerita yang paling indah :') .
.
So.. Hal-hal yang kini hadir dan tidak dihadirkan dalam kehidupanmu boleh jadi adalah jawaban dari permntaanmu. Tentu saja dalam bentuk terbaik, versi Allah :) karena sebenernya..
.
.
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah: 216)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
2

Sebenernya dari kemarin udah banyak cerita cerita sihh tentang pengalaman nggak enak. Mulai dari masa sulit, sampe rasa kecewa karena terlalu banyak berharap di tempat yang engga semestinya. Semuanya butuh kesabaran dalam menghadapinya. . . Tapi kala

Uuuh! Denger cerita kalian tentang bantuan dan tolong menolong, mimin tuh langsung ngerasa lega. Masih banyaaak orang baik di bumi:') Haru ketika tahu, kebaikan yang kita atau orang lain lakukan itu akan selalu balik ke kita lagi. Rasanya kebaikan selalu punya cara untuk kembali kepada yang memberi. Entah itu kontan saat itu juga, atau bahkan beberapa tahun lagi saat kita butuhkan.

Dan yang lebih dahsyat lagi, ketika bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan juga. Padahal mungkin yang dilakukan sederhana, tapi dampaknya luar biasa!

Lagi-lagi, ini semua terjadi memang karena Allah sudah menjanjikannya untuk kita :') Jadii, jangan remehkan sebuah kebaikan yaa! Sesederhana apapun itu. Karena.. Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula) (QS. Ar-Rahman : 60)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
7

Uuuh! Denger cerita kalian tentang bantuan dan tolong menolong, mimin tuh langsung ngerasa lega. Masih banyaaak orang baik di bumi:') Haru ketika tahu, kebaikan yang kita atau orang lain lakukan itu akan selalu balik ke kita lagi. Rasanya kebaikan se

Advertisement
Kayaknya kita seringgg banget dihadapkan sama berbagai pilihan yang bikin kita galau dan mikir seribu kali, harus pilih yang mana? Ya entah antara kuliah dan organisasi, atau antara pilihan pekerjaan yang paling nyaman buat kita.

Sama-sama penting, sama-sama gede resikonya pula eheu.

Tapii dalam hal memilih-memutuskan ini, sebenernya kita udah dijanjiin sesuatu yang indaah banget : “Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki di dunia kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagia pun di dunia.” (QS. Asy-Syura: 20)

Dari janji Allah di atas udah ngasih clue ke kita, pilih yang lebih banyak porsinya untuk akhirat, kehidupan yang lebih kekal. Nanti urusan duniawi bakal auto beres~ Walaupun bukan berarti mengecilkan ikhtiar yaa! Namun memberi kekuatan untuk kita memilih sesuatu yang lebih baik.. Choose wisely. And see the magic happens! 

___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
2

Kayaknya kita seringgg banget dihadapkan sama berbagai pilihan yang bikin kita galau dan mikir seribu kali, harus pilih yang mana? Ya entah antara kuliah dan organisasi, atau antara pilihan pekerjaan yang paling nyaman buat kita. Sama-sama penting,

Well well. Terima kasih energi positifnya netizenqu~  Auto bahagia mimin tuh bacain jawaban dari kalian wkwkk

Daan sebenarnya tema kali ini tentang the lowest point. Tapi mimin pengen nunjukin sisi lain dari kehidupanmu kalo isinya ga selalu tentang terpuruk kok~ Pastii ada momen bahagia dalam hidupmu juga

Misal, bahagia adalah bisa sahur bareng keluarga setelah sekian lama ngerantau. Bahagia adalah ketika ibu bisa sembuh dari sakit. Bahagia adalah akhirnya bisa baikan sama temen deket. Atau, sesederhana bahagia adalah bersyukur masih diberi jiwa raga yang sempurna.

Gimana menurutmu, jika hari momen bahagiamu adalah juga hari dimana momen tersedihmu? 
Bagaimanapun, perasaan bahagia, sedih, dan rasa apapun adalah anugerah-Nya untuk kita. Rasa, juga punya daya juangnya. Daya juang untuk mampu memilih, mau merawat dan mengendalikan rasa atau membiarkan rasa itu lepas gitu aja. 
Sehingga saat bahagia kita, gak akan sampai melupakan kesedihan yang menimpa orang-orang terdekat kita. Dan disaat titik terendah kita, momen bahagia akan jadi penguat yang dapat selalu diputar ulang detail kejadiannya.

Jangan lupa, salah satu janji-Nya adalah bahwa Dia selalu membersamai kita :) “Dan Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka katakanlah sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang yang memohon apabila ia memohon kepadaKu. Maka hendaklah mereka memenuhi (panggilan/perintah)Ku, dan beriman kepadaKu agar mereka mendapat petunjuk (bimbingan)”. (Al-Baqarah: 186)

___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
2

Well well. Terima kasih energi positifnya netizenqu~ Auto bahagia mimin tuh bacain jawaban dari kalian wkwkk Daan sebenarnya tema kali ini tentang the lowest point. Tapi mimin pengen nunjukin sisi lain dari kehidupanmu kalo isinya ga selalu tentang

Kita semua sedang sama-sama bergerak. “Berjuang”, kalau inginnya dibilang. Ada capaian yang kamu bayangkan untuk segera ada dalam dekapan. Pengennya sih, di tengah perjuangan skripsi tidur aja terus bangun-bangun udah wisuda. Etapi kan gabisa :( Coba deh berhenti sejenak dari kesibukanmu itu. Zoom out penglihatanmu untuk ngelihat seberapa jauh langkah yang udah kamu lalui, seberapa banyak Allah udah bantu kita sampai di titik ini. Dari kita yang tadinya gatau apa-apa, pelan-pelan Allah tuntun jalan agar kita tetap dalam kebaikan. Kerasa kan?

Semua udah Allah atur sedemikian rupa, se-smooth mungkin rezeki-Nya dateng pada kita. Bayi yang lemah dalam perut ibunya dapat rezeki lewat makanan yang masuk dari tali pusarnya, burung-burung yang pergi dalam keadaan lapar dan pulang dalam keadaan kenyang, bahkan sekecil ulat dan perjalanan hidupnya hingga menjadi kupu-kupu.

Tiap langkah gerak kita dalam kebaikan, gaada yang sia-sia. Kalaupun ada saat terjatuh, yakinlah Allah sedang menyayangi agar kita lebih dekat pada-Nya lagi. Karena ada hal lebih besar yang kita cari dibandingkan ambisi pencapaian diri, yaitu…

Ridha-Nya. 
Maka, serahkan skenario terbaik kita pada skenario terbaik-Nya ~ “Dan jikalau Allah melapangkan rezki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” (QS. Asy Syuraa: 27)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
6

Kita semua sedang sama-sama bergerak. “Berjuang”, kalau inginnya dibilang. Ada capaian yang kamu bayangkan untuk segera ada dalam dekapan. Pengennya sih, di tengah perjuangan skripsi tidur aja terus bangun-bangun udah wisuda. Etapi kan gabisa :( Coba

Wowowow. Seru seru yaaa cara bersyukurnya. Salutt mimin 
.
Ampe bingung mimin tuuh. Pilih yang mana ya yang bakalan dikasih hadiah....
.
Sederhana dan uniq semuaaa.
.
.
Yang gak dapet hadiah, jangan kecewa ya. Karena dengan kalian bersyukur aja, sebenernya udah pasti ditambaaah nikmat yang Allah berikan.
.
.
Bahkan lebih baik dari hadiah quiz dari mimin yang sedikit inih ehe :')
.
Minimal, nikmat ketenangan dan kebahagiaan. Yagaksih? Ketika kita bersyukur.. Rasanya tuh auto bahagia gitu. Ternyata kita punya begitu banyak karunia dariNya. Sesederhana nafas, kesempatan hidup, anggota badan yang masih bisa digunakan.. Coba kalo mata kamu diganti ama 100 juta. Eh jangan, kedikitan. 1 mata diganti sama 1 milyar. Mau?
.
Mimin sih nggak mau huhu. Terlalu mahal~ .
Sooo, habis quiz ini selesai. Tetep bersyukur yaa klian! Sesederhana apapun itu~ Karena..
.
..Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat (QS. Ibrahim : 7)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
2

Wowowow. Seru seru yaaa cara bersyukurnya. Salutt mimin . Ampe bingung mimin tuuh. Pilih yang mana ya yang bakalan dikasih hadiah.... . Sederhana dan uniq semuaaa. . . Yang gak dapet hadiah, jangan kecewa ya. Karena dengan kalian bersyukur aja, sebe

Dari cerita cerita kalian, mimin jadi nangkep benang merahnya. Kalau ternyata.. Allah itu titipkan pesan kepada kita dengan berbagai cara. Mulai dari seunik difollback Hamas Syahid, terpaksa berteman dengan teman shalihah, sampe serumit kehilangan ibu tersayang.
.
Kalau kita jeli, sebenernya Allah tu bicara ke kita lewat banyak kejadian.. Untuk ngingetin kita, jangan jauh-jauh dariNya. :')
.
Nah. Ke depannya nanti, masih baaanyak pesan dari Allah untuk kita. DititipkanNya dengan berbagai peristiwa. Dan saat peristiwa itu tiba, pastikan kita membaca dan memahami pesanNya. Jangan dicuekin aja ya :'))
.
Terus, gimana caranyaa? Dengan mengambil hikmah dan melihat kebaikan dari berbagai peristiwa. Karena.. Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan sia-sia.. (QS. Shad : 27)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
13

Dari cerita cerita kalian, mimin jadi nangkep benang merahnya. Kalau ternyata.. Allah itu titipkan pesan kepada kita dengan berbagai cara. Mulai dari seunik difollback Hamas Syahid, "terpaksa" berteman dengan teman shalihah, sampe serumit kehilangan

Emang ya. Yang namanya hidup adaaa aja tiba-tiba dateng mission impossible. Yang kadang-kadang sampe ngebuat kita mikir.. Yaampun, bisa nggak ya ngelewatin ini?
.
.
Dan itu mau nggak mau harus dijalanin.
.
.
Daan setelah diselesaikan. Kita sendiri kaget kalo ternyata kita bisa ngelewatin itu! Meski dengan kelebihan dan kekurangan kamu dalam proses.. Akhirnya satu misi, selesai.
.
.
Percaya nggak percaya, setelah misi itu kamu jadi belajar baaanyak banget hal. Yang tadinya gabisa, jadi bisa. Yang tadinya nggak tahu, jadi paham di luar kepala. Yang tadinya kamu suka cepet nyerah, sekarang udah jadi tahan banting! Yaa mirip mirip lah ya sama momen naik kelas~
.
.
Dan yang terpenting.. Kamu jadi lebih deket sama Allah setelah misi ini selesai. Karena kamu nggak putus-putusnya berdoa dan berharap sama Allah, minta pertolonganNya :')
.
.
Sooo, suatu saat nanti kalau tiba-tiba mission impossible dateng lagi.. Kalem aja ya. Kamu bisa kok ngelewatin itu. Anggep aja kamu mau naik kelas. Jadi emang harus belajar beberapa hal dulu, ngalamin beberapa ujian dulu. Karena..
.
.
Allah tidak membebani seseorang melainkan dengan kesanggupannya (QS. Al-Baqarah : 286)
.
.
___________
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co, @learnquranapp dan @ruladiba
4

Emang ya. Yang namanya hidup adaaa aja tiba-tiba dateng mission impossible. Yang kadang-kadang sampe ngebuat kita mikir.. Yaampun, bisa nggak ya ngelewatin ini? . . Dan itu mau nggak mau harus dijalanin. . . Daan setelah diselesaikan. Kita sendiri ka

Kemarin, kita udah bahas baanyak cerita tentang kecewa. Beragam banget, mulai dari kecewa sama keluarga, teman, bahkan nggak sedikit yang kecewa dengan diri sendiri.
.
Rasa kecewa itu pada umumnya lahir dari ekspektasi dan harapan yang tak terpenuhi. Manusia wajar kok mempunyai harapan. Itulah yang membuat kita tetap melangkah, 'kan?
.
Tapiii..
.
Jangan sampe harapan itu mendominasi pada sesuatu yang sifatnya rapuh dan sementara. Taruhlah harapanmu kepada Allah. Niatkan segalanya karena Allah. Dari sini, kita belajar lagi tentang ikhlas dan ridha..
.
Ikhlas sendiri menurut istilah artinya memurnikan niat hanya untuk Allah. Sedangkan ridha, ialah rela terhadap apapun yang Allah takdirkan. Nah, dengan mengetahyi makna dari kedua kata ini aja udah kebayang kan gimana ringannya hati ketika kita bisa mengamalkan kedua hal ini? :D
.
Ketika ada peristiwa yang tidak mengenakkan terjadi kepadamu, bersabarlah. Latih keridhaanmu dan lagi-lagi, kembalikan niat hanya kepada Allah. Agar semoga, kecewa yang kamu rasakan tak betah berlama-lama di hatimu. Dan tahukah kamu, bahwa ridha berada satu derajat di atas sabar?
.
Maka, kita belajar lagi sebuah ayat yang dari susunan katanya saja, sudah menempatkan Allah di awal sebagai yang seharusnya pertama-tama kita taruh harapan..
.
Dan hanya kepada Tuhanmu-lah hendaknya kamu berharap [QS. Asy-Syarh : 8]
.
.
______________
Konten ini ditulis berdasarkan ayat Alquran dan hadits shahih, berkolaborasi dengan ustadz dari  @learnquranapp 
.
.
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co dan @learnquranapp
0

Kemarin, kita udah bahas baanyak cerita tentang kecewa. Beragam banget, mulai dari kecewa sama keluarga, teman, bahkan nggak sedikit yang kecewa dengan diri sendiri. . Rasa kecewa itu pada umumnya lahir dari ekspektasi dan harapan yang tak terpenuhi.

Hmm.. Perkara sabar emang susah susah gampang sih ya~ Kudu latihaan yang sering. Karena ujiannya suka dateng tiba-tiba.. Kemarin ada yang cerita bersabar dengan keluarga, temen, dosen, temen kerja, waah semuanya bisa jadi tempat kita latihan bersabar yaa~
.
.
Kali ini mimin cuma mau ngasih tau kabar gembira untuk kita semua. Kalau ternyata bersabar ituu balasannya kebaikan tak terbatas :')) dan ini juga janji Allah untuk kita hamba-Nya..
.
. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Az-Zumar: 10)
.
.
Bentar bentar. Maksudnya pahala tanpa batas tuh gimanaa?
.
.
Ada yang bilang, pahala tanpa batas itu artinya masuk surga tanpa hisab.. Tapii ada yang bilang juga bahwa pahala tanpa batas itu lebih besar dari yang dibayangkan juga lebih banyaak dari apa yang ditimbang dalam timbangan amal baik dan buruk. Naah pendapat kedua yang lebih banyak disetujui oleh para ulama..
.
.
Kita sebagai orang yang percaya ada kehidupan setelah mati. Harusnyaa terhibur banget ya dengan ayat di atas. Berarti dengan bersabar, bekal kita menang banyak~ .
.

Nahh kayaknya nggak lengkap kalau kita nggak tahu sebenernya sabar itu kebagi 3 macam, menurut Al-Ghazali. Yang pertama, sabar atas dosa. Kita bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh Allah..padahal kayaknya menyenangkan :') (tapi cuma sesaat heheu). Yang kedua, sabar atas ketaatan. Bersabar yaa shalat tarawih yang banyak rakaatnya, puasa nahan laper sama haus, maksain tilawah padahal mesti ulang lagi ulang lagi karena masih ada yang terbata bata.. Itu semua juga kesabaran ;) Dan yang terakhir, bersabar atas ketetapan Allah. Misalnya kita ditakdirkan masuk kampus B, padahal pengennya kampus A padahal udah berjuang mati-matian.. Yaudah sabar aja. Siapa tau lebih banyak kebaikannya kan? .
.
Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk bersabar ya! 
.
.
______________
Konten ini ditulis berdasarkan ayat Alquran dan hadits shahih, berkolaborasi dengan ustadz dari  @learnquranapp 
.
.
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co dan @learnquranapp
2

Hmm.. Perkara sabar emang susah susah gampang sih ya~ Kudu latihaan yang sering. Karena ujiannya suka dateng tiba-tiba.. Kemarin ada yang cerita bersabar dengan keluarga, temen, dosen, temen kerja, waah semuanya bisa jadi tempat kita latihan bersabar

Tuhkan tuhkan. 
Pasti deh selalu ada kemudahan di antara kesulitan yang kalian jalani. Dann benarlah Allah dengan janjiNya, “Bersama kesulitan, ada kemudahan..”
.
.
Bahkan Imam Hasan Al Bashri menuturkan bahwa ketika turun surat Al-Insyirah ayat 5-6, Rasulullah bersabda, “Kabarkanlah bahwa akan datang pada kalian kemudahan. Karena satu kesulitan tidak mungkin mengalahkan dua kemudahan.” Heem adem banget ya :’)
.
.
Sesulit apapun keadaanmu saat ini, pastikan kalau kamu tidak menyerah dan tidak bersedih berlarut-larut. Karena Allah dengan janjiNya tidak akan pernah ingkar. Dengan syarat, kita tetap bertawakkal kepadaNya, menerima takdir dariNya dengan lapang dada dan bersabar dengan kesabaran yang indah..
.
.
__________
.
.
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co dan @learnquranapp
9

Tuhkan tuhkan. Pasti deh selalu ada kemudahan di antara kesulitan yang kalian jalani. Dann benarlah Allah dengan janjiNya, “Bersama kesulitan, ada kemudahan..” . . Bahkan Imam Hasan Al Bashri menuturkan bahwa ketika turun surat Al-Insyirah ayat 5-6,

Masya Allah, haru yaa baca cerita-cerita kalian tentang berdoa :') cerita di post ini salah satunya. Sisanya mimin simpen di highlight yaa 

Mungkin setelah kalian membaca cerita satu sama lain, jadi teringat akan sebuah kata cinta dari Allah dalam Alquran surat Al-Mumin ayat 60, Berdoalah maka akan Aku kabulkan

Meskipun ada rentang waktu yang kalian alami sebelum doa itu terwujud, namun itu tak menjadikan janji Allah itu dusta. Lebih dari itu, Allah mengabulkan doa kita di saat yang paling tepat, di saat kita paling siap menerima pengabulan doa itu. 
Dan berdoa itu, ternyata adalah perilaku orang-orang beriman. Mereka senantiasa menundukkan posisi mereka, meniadakan kesombongan dan memohon kepada Allah untuk segala urusan. Pada setiap lini kehidupan, mereka meminta.

Naah. Mumpung bulan puasa nih temen-temen. Yuk perbanyak berdoa, karena di bulan ini pintu pengabulan doa terbuka lebiih luas~ Daaan mimin bocorin aja nih. Ternyata di antara ayat-ayat perintah berpuasa di surat Al-Baqarah 183-187, terdapat ayat tentang doa di ayat 186nya. Hmm, pasti bukan kebetulan kan Allah menempatkan ayat doa di antara perintah berpuasa? Salah satu hikmahnya, agar kita lebih banyak berdoa.. Dan kalau kalian tauu, ada 3 cara Allah mengabulkan doa doa kita. Pertama, langsung dikabulin di dunia. Atau yang kedua, doanya disimpan dan dikabulkan di akhirat. Atauu kalau nggak dari 2 janji itu, Allah selamatkan dia dari keburukan yang setara dengan kebaikan yang diminta dalam doa.

Duuuh. Allah tuh ya. Kurang baik apa coba :') Bahkan ketika para sahabat bersemangat untuk lebih banyak berdoa ketika mendengar janji Allah tadi, Rasul memberitahu bahwa Allah akan lebiiih banyak lagi mengabulkan daripada yang kalian minta.

Kurang apalagi kurang apalagi? Udahlah disuruh banyak minta, dikasihnya lebih-lebih dari itu. Duuh Allah. Makin cinta :')
.
.
______________
Konten ini ditulis berdasarkan ayat Alquran dan hadits shahih, berkolaborasi dengan ustadz dari  @learnquranapp 
.
.
Project Bercerita Tentang Janji disupport oleh @muhami.co dan @learnquranapp
10

Masya Allah, haru yaa baca cerita-cerita kalian tentang berdoa :') cerita di post ini salah satunya. Sisanya mimin simpen di highlight yaa Mungkin setelah kalian membaca cerita satu sama lain, jadi teringat akan sebuah kata cinta dari Allah dalam A

Yeyeyy~ Mulai besok kita cerita cerita yaa! Insya Allah~
.
.
.
#ceritatentangjanji #qiraastory
11

Yeyeyy~ Mulai besok kita cerita cerita yaa! Insya Allah~ . . . #ceritatentangjanji #qiraastory

Ramadhan ini tida ada tantangan kebaikan! Huhu :(
.
.
Tapi insya Allah kita akan ada sharing session..~
.
.
Pantengin ya kengkawan~ .
.
Kali ini berkolaborasi dengan @muhami.co dan @learnquranapp


_______
#ceritatentangjanji #ceritahariini #sharing #qiraashare #qiraastory
6

Ramadhan ini tida ada tantangan kebaikan! Huhu :( . . Tapi insya Allah kita akan ada sharing session..~ . . Pantengin ya kengkawan~ . . Kali ini berkolaborasi dengan @muhami.co dan @learnquranapp _______ #ceritatentangjanji #ceritahariini #sharing

Janji apa itu?
.
.
.
Sebentar lagi. Stay tune!

#janji #ceritahariini #qiraatif
3

Janji apa itu? . . . Sebentar lagi. Stay tune! #janji #ceritahariini #qiraatif

Dear anak-anak yang suka nungguin beduk maghrib,
.
.
.
Maaf ya aku suka nge-prank adzan maghrib. Padahal cuma iklan. Dimaafin kan ya? Tos dulu dong biar nggak selek :')
.
.
.
Tertanda,
Sirup Marijan.
23

Dear anak-anak yang suka nungguin beduk maghrib, . . . Maaf ya aku suka nge-prank adzan maghrib. Padahal cuma iklan. Dimaafin kan ya? Tos dulu dong biar nggak selek :') . . . Tertanda, Sirup Marijan.

Tuh, di alfa udeh banyak aja oreyo edisi lebaran. Puasa juga belom. 
.
.
.
.
.
.
Satu pesan mimin. Kebiasaan makan krim putihnya doang biskuitnya ditaroh lagi, cepet tinggalin ya. Kasian ituh anak tetangga mao ngambil oreyo eh gajadi. Taubat..dah mau puasa :))
.
.
.
Masii kolaborasi sama jeruk yang gak gede gede @jerukecil
52

Tuh, di alfa udeh banyak aja oreyo edisi lebaran. Puasa juga belom. . . . . . . Satu pesan mimin. Kebiasaan makan krim putihnya doang biskuitnya ditaroh lagi, cepet tinggalin ya. Kasian ituh anak tetangga mao ngambil oreyo eh gajadi. Taubat..dah mau

Suda bulan meeei. Ada yang udah meet up sama korma?
.
.
Sebentar lagi Ramadhan. Apaka kita akan bertemu dengannya?
.
.
Ya.. Mei bi yes. Mei bi no. 🤧
.
.
.
Semoga kita disampaikan ya. Diberi kesehatan dan kekuatan untuk beribadah pol di bulan Ramadhan. Jangan lupaaa perbanyak istighfar 
.
.
.
Ilustrasi lucuk oleh @jerukecil . Hanupis nengg!
6

Suda bulan meeei. Ada yang udah meet up sama korma? . . Sebentar lagi Ramadhan. Apaka kita akan bertemu dengannya? . . Ya.. Mei bi yes. Mei bi no. 🤧 . . . Semoga kita disampaikan ya. Diberi kesehatan dan kekuatan untuk beribadah pol di bulan Ramadhan

Kayak misalnya habis selesai shalat tuh dzikir dulu, jangan cek handphone melulu. 
Hiyahiyahiya. Dasar aku.

@qiraatif #qotd #ntms #tgif #qiraagunadi #qiraabaiq #qiraaliye #muhasabah #promoindomaret #isipulsa
4

Kayak misalnya habis selesai shalat tuh dzikir dulu, jangan cek handphone melulu. Hiyahiyahiya. Dasar aku. @qiraatif #qotd #ntms #tgif #qiraagunadi #qiraabaiq #qiraaliye #muhasabah #promoindomaret #isipulsa

Ehehehehehe.
Coba kita tebak-tebakan. Makanan apa yang cuman bs dibeli satu doang? Musti-kudu satu aja.
.
Apa hayooo?
.
Qiraatips eps. 6
Illustrasinya dibuat sama qiraateam. Tapi rahasia~
.
@qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim
#indomaret #promoindomaret #diskonalfamart #turunkanhargaskincare #skincarealami #dietbuahpulm
331

Ehehehehehe. Coba kita tebak-tebakan. Makanan apa yang cuman bs dibeli satu doang? Musti-kudu satu aja. . Apa hayooo? . Qiraatips eps. 6 Illustrasinya dibuat sama qiraateam. Tapi rahasia~ . @qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim #ind

Dear sobatqu...
Qita tyduck misqueen, hanya suka lupa untuk bersyukur~~~
.
@qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraatifelshirazy #qiraarowling #qiraamitcalbom
17

Dear sobatqu... Qita tyduck misqueen, hanya suka lupa untuk bersyukur~~~ . @qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraatifelshirazy #qiraarowling #qiraamitcalbom

Es troooos Es troooos. Teroooos. Batuk pak aji? Eh kan bersin ya.....
.
Qiraatips eps. 5
Si @swsanhr tuh yg bikin ilustrasinya~
.
@qiraatif #qiraatif #pilek #panadol #bodrex #jamubuyungupik #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim
136

Es troooos Es troooos. Teroooos. Batuk pak aji? Eh kan bersin ya..... . Qiraatips eps. 5 Si @swsanhr tuh yg bikin ilustrasinya~ . @qiraatif #qiraatif #pilek #panadol #bodrex #jamubuyungupik #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim

Dua. Tiga. Tahu Bala-bala.
Semoga setiap aktivitas kita mengalirkan pahala!
.
@qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraatifelshirazy #qiraarowling #qiraamitcalbom
3

Dua. Tiga. Tahu Bala-bala. Semoga setiap aktivitas kita mengalirkan pahala! . @qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraatifelshirazy #qiraarowling #qiraamitcalbom

Avatar and the Sarong of Secret. :)
Sebelum negara api menyerang, Aang sebenernya anak pesantren. Dia dibotakin karena di iqob. Eh, apa habis balik dari umroh ya? Gak tau deng hwkwk
.
Qiraatips eps. 4
Ilustrasinya disulap sama @muhbagasnt
.
@qiraatif #qiraatif #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim #qiraatifthelastairputih
209

Avatar and the Sarong of Secret. :) Sebelum negara api menyerang, Aang sebenernya anak pesantren. Dia dibotakin karena di iqob. Eh, apa habis balik dari umroh ya? Gak tau deng hwkwk . Qiraatips eps. 4 Ilustrasinya disulap sama @muhbagasnt . @qiraatif

Ehehehe. Dah ya, damai ya. Diaduk aja. Eh.

@qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraachudori #qiraabaiq #qiraaquote
19

Ehehehe. Dah ya, damai ya. Diaduk aja. Eh. @qiraatif #qiraalestari #qiraahirata #qiraachudori #qiraabaiq #qiraaquote

TOLONG. Tolong kembalilah pada jalan yang benar kawan... Jalan kenikmatan yg hakiki. Kembalikan bubur tersebut pada fitrahnya. Bubur itu hakikatnya musti diaduk agar bumbunya kecampur dan agar enak :’) wkwkwk
.
Qiraatips eps. 3
Ilustrasinya dijajal sama si @ini.abyan
.
@qiraatif #qiraatif #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim #qiraatifnaikhaji
155

TOLONG. Tolong kembalilah pada jalan yang benar kawan... Jalan kenikmatan yg hakiki. Kembalikan bubur tersebut pada fitrahnya. Bubur itu hakikatnya musti diaduk agar bumbunya kecampur dan agar enak :’) wkwkwk . Qiraatips eps. 3 Ilustrasinya dijajal s

Soalnya kalian tau kan, kalau setan nggak suka sama kebaikan?
.
Nah, gitu. Jangan kalah pokoknya mah ya.
.
@qiraatif #qiraatifliye #qiraatifbaiq #qiraatifbesari #qiraateguh
26

Soalnya kalian tau kan, kalau setan nggak suka sama kebaikan? . Nah, gitu. Jangan kalah pokoknya mah ya. . @qiraatif #qiraatifliye #qiraatifbaiq #qiraatifbesari #qiraateguh

Saksikan!
Eneng dan Kaos Kaki Ajaib.
Pukul 4 sore.
Hanya di RCTI... K.
*playing Tokecang song*
.
Qiraatips eps. 2
Ilustrasinya dibikinin sama:
@adetiaanetama
.
@qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim
323

Saksikan! Eneng dan Kaos Kaki Ajaib. Pukul 4 sore. Hanya di RCTI... K. *playing Tokecang song* . Qiraatips eps. 2 Ilustrasinya dibikinin sama: @adetiaanetama . @qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim

Hal yang menyenangkan hati banyak sekali bahkan kalau kita berbagi~
.
Sekarang ganti baju, agar bisa berbagi ayo kita mencari cuaaan 
@qiraatif #qiraateguh #ninjaways
6

Hal yang menyenangkan hati banyak sekali bahkan kalau kita berbagi~ . Sekarang ganti baju, agar bisa berbagi ayo kita mencari cuaaan @qiraatif #qiraateguh #ninjaways

Dag dig dug kembang kuncup, kuda lari di atas rumput~ Jadi, gimana hatimu setelah mencobanya? Wqwq
.
.
Qiraatips eps. 1
Kolaborasi sama yg bikin ilustrasi:
@wincheese_
.
@qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim
140

Dag dig dug kembang kuncup, kuda lari di atas rumput~ Jadi, gimana hatimu setelah mencobanya? Wqwq . . Qiraatips eps. 1 Kolaborasi sama yg bikin ilustrasi: @wincheese_ . @qiraatif #qiraatips #lifehackmuslim #dailylifeofmuslim

Subuh itu mimin masih nggak percaya. Kalau bukan karena Allah, nggak akan habis Special Package dalam waktu kurang dari 15 menit. :’)
.
Mimin mau ngucapin, Jazakumullahu khayran katsiran buat teman-teman semua!

Terimakasih telah mensupport proyek kebaikan ini dan mengapresiasi karya teman-teman kreator.

Semoga menyebar banyak manfaat dari karya dan donasi yang kita buat bersama.

Well. Sampai ketemu diproject selanjutnya ya! ️
.
Eh, btw yang punya #IslamicCalendar mulai dari 2017 ada ndak sih? Atau yg dr 2018 deh? Atau ada yg kehabisan mulu? :3

Cung dong, cung.

#qiraatif #islamiccalendar2019
16

Subuh itu mimin masih nggak percaya. Kalau bukan karena Allah, nggak akan habis Special Package dalam waktu kurang dari 15 menit. :’) . Mimin mau ngucapin, Jazakumullahu khayran katsiran buat teman-teman semua! Terimakasih telah mensupport proyek ke

Hiyaaa~

Inilah mereka para kreator andalan mimin tahun ini. Ada yang klen kenal?

Mereka dari berbagai daerah dan perguruan tinggi; Universitas Negeri Padang, Universitas Mercubuana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pasundan, Telkom University, ISI Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Semoga karya-karya mereka jadi pengingat untuk kita ya! Dan doakan mimin dan mereka biar bs terus berkarya untuk kebaikaaan~

Eh, coba cung yang kampusnya ada di atasss? Atau yg mau bawa nama kampusnya tahun depan deh~

#qiraatif #islamiccalendar2019 #kampus
72

Hiyaaa~ Inilah mereka para kreator andalan mimin tahun ini. Ada yang klen kenal? Mereka dari berbagai daerah dan perguruan tinggi; Universitas Negeri Padang, Universitas Mercubuana, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pasundan, Telkom Universit

Ya Rabb :’) Mimin mau ngasih kabar ke teman-teman, kalau hasil penjualan kemaren telah didonasikan sebesar:

Rp. 15.040.659

Dan dititipkan lewat kakak-kakak di @ideberbagi & @smart_171 .

Asli. Mimin terharu! Atas izinNya, ini melewati target tahun ini dan 2x lipat lebih besar dari tahun lalu :’)
.
Pokoknya mah semoga semua yg terlibat dalam proyek ini, mulai dari yg bikin, yg beli, yg bantu donasi dan semua semuanya dapat kebaikan dari ini dan semog donasi kita bermanfaat buat teman-teman yg membutuhkan~

Ini bukan tentang mimin dan temen2 kreator, tapi tentang kita semuaaaaa. Jazakallahu khayr semuanya ️
.
.
p.s Kode Unik yg kemaren digunakan sebagai pembayaran terkumpul sebanyak Rp. 40.659 yg juga telah didonasikan.

#IslamicCalendar2018 #qiraatif #alhamdulillah
21

Ya Rabb :’) Mimin mau ngasih kabar ke teman-teman, kalau hasil penjualan kemaren telah didonasikan sebesar: Rp. 15.040.659 Dan dititipkan lewat kakak-kakak di @ideberbagi & @smart_171 . Asli. Mimin terharu! Atas izinNya, ini melewati target tahun

[SOLD OUT]
78

[SOLD OUT]

Penasaran apa aja isinya #IslamicCalendar2019 tahun ini?

Tadaaa. Ini diaaa!

Sama seperti sebelum-sebelumnya. Semuanya dibuat dari 0 dari karya hingga penyusunan tanggal-tanggal kalendernya.

Pokoknya gak ada yg nyamain deh! Dan kabar baik-buruknya adalah; Kalender ini LIMITED EDITION.

Jadi, jangan sampai telat lagi ya :’)
#qiraatif #islamiccalendar2019
35

Penasaran apa aja isinya #islamiccalendar2019 tahun ini? Tadaaa. Ini diaaa! Sama seperti sebelum-sebelumnya. Semuanya dibuat dari 0 dari karya hingga penyusunan tanggal-tanggal kalendernya. Pokoknya gak ada yg nyamain deh! Dan kabar baik-buruknya

Assalamualaykum!

Sungguh terharu. Tak terasa. Lusa #IslamicCalendar2019 akan segera di-release dengan tema baru!

Indonesian Muslim. Adalah sebuah tema yang kami bawa sebagai pesan kepada Indonesia bahwa nilai-nilai islam sebenarnya ada di dalam kebiasaan kita.

Sabar ya. Sebentar lagi :’)
#qiraatif #islamiccalendar2019
32

Assalamualaykum! Sungguh terharu. Tak terasa. Lusa #islamiccalendar2019 akan segera di-release dengan tema baru! Indonesian Muslim. Adalah sebuah tema yang kami bawa sebagai pesan kepada Indonesia bahwa nilai-nilai islam sebenarnya ada di dalam keb

Yaasssh!

Sebentar lagi di-release. Sudah siap untuk memiliki?

Jangan sampai kehabisan lagi ya. Kali ini mimin bakal siapin “Special Package” dan “Regular Package” buat teman-teman semua.

Eits, tapi semua limited edition.
Tunggu ya. Sebentar lagi ya.

Btw, ada yg punya 2017 dan 2018 ndak? Atau ada yg belum pernah beli samsek?

#islamiccalendar2019 #qiraatif
28

Yaasssh! Sebentar lagi di-release. Sudah siap untuk memiliki? Jangan sampai kehabisan lagi ya. Kali ini mimin bakal siapin “Special Package” dan “Regular Package” buat teman-teman semua. Eits, tapi semua limited edition. Tunggu ya. Sebentar lagi y

Demi kalian, kami sedang berusaha mempersiapkan yang terbaik.

Semoga nanti segera menyapa kalian ya!

Btw, sebenarnya mimin kesel sama akhwat ini, coba deh liat gayanya. Nyapa siapa coba? Atau dadahin deadline tugas? 
Coba deh menurut kalian gimana?

#qiraatif #islamiccalendar2019
14

Demi kalian, kami sedang berusaha mempersiapkan yang terbaik. Semoga nanti segera menyapa kalian ya! Btw, sebenarnya mimin kesel sama akhwat ini, coba deh liat gayanya. Nyapa siapa coba? Atau dadahin deadline tugas? Coba deh menurut kalian gimana?

Katanya; “Buat kamu yang di sana...” Tapi, kamu mau ndak?

Eits. Jawabannya nanti. Tahan dikit lagi ya.

Sebentar lagi.
#qiraatif #islamiccalendar2019
1

Katanya; “Buat kamu yang di sana...” Tapi, kamu mau ndak? Eits. Jawabannya nanti. Tahan dikit lagi ya. Sebentar lagi. #qiraatif #islamiccalendar2019

2019.
.
Alright. Ini yang ditunggu.
Jadi ceritanya mimin lagi keliling kampus dan instagram beberapa minggu terakhir buat nyari kreator-kreator kece nih.
.
Nah, sekarang lagi sans dulu gtu. Terus kepikiran kenapa gak tanya netyzen yang budiman aja ya?
.
Makaaa. Coba mention temanmu yang karyanya awesome kebangetan. Biar nanti mimin liat. Kalau cocok mau mimin lamar..... jadi kreator :3
.
Atau mungkin malahan kamu yg selama ini mimin cari? Tulis-tulis aja ya di kolom komen. Curhat juga boleh. Mimin tunggu~
.
Eh iya. Syaratnya musti mahasiswa dan sabi diajakin project kebaikan gini. Ehe
.
️
58

2019. . Alright. Ini yang ditunggu. Jadi ceritanya mimin lagi keliling kampus dan instagram beberapa minggu terakhir buat nyari kreator-kreator kece nih. . Nah, sekarang lagi sans dulu gtu. Terus kepikiran kenapa gak tanya netyzen yang budiman aja ya

2018.
.
Nah ini yang dua ribu delapan belas. TAHUN TERGOQIL #IslamicCalendar.
.
Masa ya, ngasih waktu 7 hari buat mesan, eh sehari aja abis quotanya. Kan mimin jadi enak :’
.
Terus ada yang udah nunggu setahun. Aseli setahun dari 2017 biar kebagian #IslamicCalendar. Eh pas 2018 tetap gak kebagian juga. Kek tes CPNS gagal tahun ini, tahun lalu juga gagal. Kan mimin jadi iba yak :’
.
Terus juga tiba-tiba pada pengen pisan jadi yang kedua. Eh maksudnya buka batch kedua gitu. Padahal kan udah ditutup ya. Kan mimin jadi haru :’
.
Nah, coba-coba cung yang ngerasain pengalaman di atas~~~
.
Eh iya. Ini logo #IslamicCalendar2018.
23

2018. . Nah ini yang dua ribu delapan belas. TAHUN TERGOQIL #islamiccalendar . . Masa ya, ngasih waktu 7 hari buat mesan, eh sehari aja abis quotanya. Kan mimin jadi enak :’ . Terus ada yang udah nunggu setahun. Aseli setahun dari 2017 biar kebagian #

2017.

Adalah sebuah langkah pertama dari ‘bayi’ prematur yang kami rawat; Qiraatif. 
Tahun itu ia lahir membawa satu hal yang cukup merepotkan kami. Namun kini itulah yang mungkin sedang diburu seantero negeri. *ini lebay sih*

Dan satu hal itu adalah
#IslamicCalendar

Kok jadi formal gini sih. Wkwk

Okay, jadi gini...
Mimin cuman pengen ngasih tau ini logo #IslamicCalendar2017.

Dah gitu aja. Bagus kan?
4

2017. Adalah sebuah langkah pertama dari ‘bayi’ prematur yang kami rawat; Qiraatif. Tahun itu ia lahir membawa satu hal yang cukup merepotkan kami. Namun kini itulah yang mungkin sedang diburu seantero negeri. *ini lebay sih* Dan satu hal itu adal

#IslamicCalendar2018
______

Niatkan setiap aktivitas hidup kita karena Allah S.W.T

Mulakanlah sesuatu dengan Basmallah dan akhiri dengan Hamdallah.
______

Artwork by:
Muhammad Rafi Agustin
Universitas Mercubuana
@rafhidominic

Coming soon~  #IslamicCalendar2019

#islamic #calendar #islamic #calendar #illustration #muslim #dakwah #yukngaji #visualdakwah #pemudahijrah #hijrah #islamicinspiration #nasihat
3

#islamiccalendar2018 ______ Niatkan setiap aktivitas hidup kita karena Allah S.W.T Mulakanlah sesuatu dengan Basmallah dan akhiri dengan Hamdallah. ______ Artwork by: Muhammad Rafi Agustin Universitas Mercubuana @rafhidominic Coming soon~ #islam

Load More